• February 22, 2024

Beberapa Hal Yang Menjadi  Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Bau mulut kerap menjadi permasalahan yang membuat tidak nyaman penderitanya. Kondisi mulut yang kurang terjaga bisa menyebabkan gigi berlubang, sehingga sisa-sisa makan menempel. Apabila terus dibiarkan sisa makanan tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu.

Seorang yang mengalami bau mulut biasanya menjadi tidak percaya diri saat berintraksi maupun bersosial dengan orang lain. Tentunya kondisi tersebut harus cepat diatasi agar tidak mengganggu aktivitas anda. Berikut ini penjelasannya mengenai beberapa penyebab bau mulut yang perlu anda ketahui.

Apa Saja Penyebab Bau Mulut Yang Perlu Anda Ketahui?

Tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut

Salah satu penyebab bau mulut yang perlu anda kethui adalah tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut. Seperti yang telah anda ketahui bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Meski demikian masih ada sebagaian orang yang mengentengkannya, maka tidak heran jika mulutnya mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Setidaknya anda harus menggosok gigi setelah makan. Mengapa demikian ? Sebab dengan menggosok gigi sisa makanan yang menempel bisa bersih dengan sempurna. Menggosok gigi memang dianjurkan untuk dilakukan 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Namun menggosok gigi harus dilakukan dengan cara yang benar.

Hindari menggosok gigi dengan cara menekannya terlalu kuat karena hal itu malah bisa merusak lapisan enamel gigi. Sisa makan yang menempel pada gigi biasanya akan mengeras dan menjadi plak gigi.

Jika terus dibiarkan maka akan menjadi karang gigi dan dijadikan sebagai tempat bersarang kuman dan bakteri. Sisa makanan yang menempel lama kelamaan akan membusuk dan mengeluarkan aroma yang sangat menggangu.

Mengkonsumsi makanan dengan aroma kuat

Pada dasarnya setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki peran penting untuk tubuh kita. Tidak jarang terkadang ada sebagain orang yang memiliki hobi nyemil maupun makan. Ada beberapa makanan yang memiliki aroma kuat saat dikonsumsinya. Meski makanan tersebut aman dokonsumsi, akan tetapi bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Beberapa makanan tersebut yaitu seperti bawang merah, bawang putih, jengkol, petai, durian dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, terdapat juga minuman yang bisa menyebabkan aroma tidak sedap yaitu seperti kopi dan alkohol.

Mulut kering

Pada dasarnya tubuh kita memerlukan asupan air yang cukup setiap harinya. Apabila tubuh kekurangan asupan air maka bisa mengalami dehidrasi dan mengganggu fungsi seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Sehingga tubuh anda akan memproduksi air liur akan berkurang. Padahal air tersebut sangat penting dan berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri.

Bakteri dan kuman yang berkembangbiak di dalam mulut menyebabkan bau yang kurang sedap. Maka dari itu sebaiknya anda mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari.

Merokok

Merokok adalah suatu kebiasan buruk yang memang memiliki dampak kurang baik bagi seluruh kesehatan tubuh. Perlu anda ketahui bahwa di dalam rokok terdapat kandungan nikotin dan tar. Kandungan tersebut tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Biasanya seorang yang sering merokok diidentik dengan giginya yang berwarna kuning.

Ketika rokok sudah di hisap maka asap dan kandungan nikotonnya akan ikun terhirup dan menempel pada gigi. Nah hal tersebutlah yang nantinya membuat mulut anda mengeluarkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu sebaiknya hindari merokok agar mulut anda tetap sehat dan segar.

itulah beberapa hal yang menyebabkan bau mulut, semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *