• May 16, 2022

Bolehkah Wanita yang Sedang Haid Divaksin?

Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan agar tubuh dapat terlindung dari virus corona. Vaksin ini diberikan kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Namun, kemudian muncul pertanyaan mengenai kondisi yang tidak diperbolehkannya untuk vaksin. Salah satu pertanyaannya yaitu apakah vaksin bisa dilakukan pada wanita yang sedang haid?

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan vaksinasi tetap bisa dilaksanakan meski seseorang sedang haid. Asalkan suhu tubuhnya tidak lebih dari 37,5 derajat celcius.

Dikutip dari laman instagram indonesiabaik.id, beberapa gejala yang dialami wanita saat menstruasi yaitu lemas, sakit kepala, perut nyeri dan kram, serta mual dan kembung. Untuk itu jika ada keluhan lain selain haid, maka vaksinasi bisa ditunda hingga keluhan hilang.

Nyeri pada saat haid ini hanya akan terjadi pada hari pertama hingga ketiga menstruasi. Oleh karena itu, sebaiknya minum paracetamol saat tubuh demam, pegal-pegal atau menggigil saat vaksinasi.

Kemudian hindari menekan, memijit, atau menggosok bagian tubuh bekas suntikan. Saat selesai vaksinasi pertama, sebaiknya pilih jenis vaksin dan dosis yang sama pada vaksinasi yang kedua.

WINDA OKTAVIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.