• November 27, 2022

Cara Menghilangkan Bau Badan yang Tepat

Menghilangkan bau badan bisa dilakukan dengan cara yang sangat tepat. Bau badan dapat menurunkan rasa percaya diri yang anda miliki. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali cara menghilangkan bau badan yang bisa anda praktekkan di rumah.

Bagaimana cara menghilangkan bau badan yang sangat tepat?

Cara menghilangkan bau badan yang tepat adalah dengan mengubah pola hidup hingga menggunakan bahan-bahan alami. Keringat sebenarnya tidak mempunyai bau, karena bau badan bisa terjadi ketika bakteri di kulit berkembang biak dan memecah protein dalam keringat, sehingga menjadi asam.

Selain karena bakteri yang ada di dalam kulit, bau badan muncul karena perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Salah satu alasan mengapa remaja yang tengah berada di masa pubertas sering mengalami bau badan, adalah perubahan androgen dalam tubuhnya.

Mandi Teratur Minimal 2 Kali Sehari

Cara menghilangkan bau badan yang tepat adalah dengan mandi teratur minimal dua kali sehari. Mandi secara teratur sebanyak 1 sampai 2 kali sehari bisa menghilangkan bau badan. Anda juga bisa mandi setelah olahraga atau melakukan aktivitas yang menyebabkan banyak keringat.

Terdapat cara menghilangkan bau badan yang paling sederhana, yakni dengan cara mandi secara teratur. Anda bisa memastikan area yang sering berkeringat dibasuh dengan bersih, sehingga akan menghilangkan bakteri penyebab bau badan, Anda juga akan merasa lebih segar setelah mandi.

Gunakan Sabun Antibakteri

Cara menghilangkan bau badan yang tepat selanjutnya adalah menggunakan sabun anti bakteri. Pemakaian sabun anti bakteri saat mandi bisa dijadikan pilihan, karena bisa mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan. Walaupun, Anda harus pandai-pandai memilih sabun anti bakteri.

Apabila anda mempunyai alergi tertentu, Anda harus memilih sabun bakteri dengan teliti. Sebab, ada kemungkinan anda tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun antibakteri. Utamanya jika mempunyai alergi atau iritasi, terhadap senyawa yang terkandung di dalam produk.

Keringkan Badan dengan Benar

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah mengeringkan badan dengan benar. Anda harus mengeringkan badan dengan benar terutama pada area tubuh yang banyak menghasilkan keringat. Dengan melakukan kegiatan ini, maka bakteri penyebab bau badan akan sulit berkembang biak.

Mengenakan Pakaian Bersih dan Menyerap Keringat

Anda juga harus memastikan untuk mengenakan pakaian yang bersih dan sesuai aktivitas. Mengenakan pakaian yang bersih bisa mengurangi keringat berlebih, usahakan untuk memilih pakaian dengan bahan katun. Sebab, pakaian dengan bahan katun dapat menyerap keringat, selain manfaat lainnya tidak akan membuat tubuh anda merasa gerah.

Perhatikan Asupan Makanan

Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Sebab, beberapa jenis makanan yang menyebabkan produksi keringat lebih banyak dan bau badan adalah makanan pedas. Selain itu, juga terdapat makanan yang mengandung bahan berbau tajam seperti bawang.

Apabila anda membatasi asupan jenis makanan yang berlemak dan berbau tajam, maka secara otomatis bau badan Anda bisa berkurang.

Gunakan Deodorant

Pada umumnya, bau badan sering dikaitkan dengan bau ketiak. Hal tersebut dikarenakan ketiak adalah area yang banyak mengeluarkan keringat. Apabila Anda ingin mengatasi bau pada ketiak, maka anda bisa menggunakan deodorant atau produk yang mengandung kombinasi dari deodorant.

Deodorant biasanya mengandung alkohol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Sementara itu, juga terdapat antiperspiran yang mengandung senyawa aluminium klorida dan asam salisilat, senyawa tersebut adalah senyawa yang bisa mengurangi produksi keringat berlebih.

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah dengan melakukan relaksasi secara rutin. Relaksasi bisa dilakukan seperti yoga dan meditasi, dinilai bisa membantu mengontrol stres dan merangsang produksi keringat berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *