• May 16, 2022

Cuaca Akhir Pekan Ini: Potensi Banjir Ada di Mana Saja?

Hari ini, Sabtu 13 November 2021, Jakarta tak termasuk daerah yang berpotensi diguyur hujan lebat (lebih dari 50 mm dalam sehari). Namun, ibu kota masuk dalam daftar wilayah yang berpotensi banjir. Yang juga perlu diantisipasi, Jakarta diperkirakan tetap diguyur hujan dan disertai petir.

Keterangan itu dinukil dari data prakiraan cuaca di Indonesia yang dibuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG sepanjang akhir pekan ini. Keterangan dikeluarkan lewat akun resmi di Twitter pada Jumat, 12 November 2021.

Di dalamnya menyebutkan hampir seluruh wilayah potensial hujan lebat, berpotensi pula mengalami banjir. Termasuk seluruh wilayah Kalimantan diperkirakan masih akan diguyur hujan lebat dan menghadapi banjir pada hari ini.

Berikut ini data prakiraan cuaca Indonesia dari BMKG untuk hari ini dan besok,

SABTU, 13 November

-Potensi hujan lebat:Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua

-Potensi banjir:Seluruhnya berpotensi banjir keculi Yogyakarta dan Sulawesi Utara. Tapi ada tambahan daerah lain yang tidak berpotensi hujan lebat namun potensi banjir yakni Sumatera Utara dan DKI Jakarta. Untuk DKI, tidak termasuk potensi hujan lebat tapi masuk yang berpotensi hujan disertai petir pada hari ini.

MINGGU 14 November

-Potensi hujan lebat:Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua

-Potensi banjir:Seluruhnya berpotensi banjir kecuali Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Bangka Belitung. Tambahannya dari luar daftar adalah Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan yang meski tak berpotensi hujan lebat tapi bisa mengalami banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.