• September 27, 2022

Destinasi Wisata Bukit Kapur: Bukit Jaddih Madura dan Tebing Breksi Yogyakarta

Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata seperti wisata bukit kapur. Destinasi wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk melakukan foto serta melihat pemandangan yang indah. Terdapat dua destinasi wisata bukit kapur yang terkenal yaitu Kapur Jaddih di Madura dan Bukit Breksi di Yogyakarta.

Bukit Jaddih berada di Desa Jaddih, Socah, Bangkalan Madura, Jawa Timur. Bukit ini terletak 10 km dari pusat Kabupaten Bangkalan dan, berjarak 28 km dari Kota Surabaya.

Melansir laman adira.co.id, bukit ini memiliki suasana yang gersang dan memiliki suhu yang panas. Hal ini dikarenakan bekas dari area pertambangan. Oleh karena itu, bukit ini memiliki banyak debu sehingga dianjurkan menggunakan masker selama di lokasi. Destinasi wisata ini memiliki luas 500 hektar dan terletak di dalam tiga desa yaitu Jaddih, Rabasan, dan Parseh.

Bukit Jaddih memiliki tekstur batuan yang indah. Selain itu, kawasan ini memiliki danau yang terbentuk karena penambangan kapur. Danau ini memiliki kedalaman 2,5 meter dan dapat diarungi menggunakan perahu yang telah disediakan.

Selain danau, Bukit Jaddih juga memiliki berbagai goa. Namun, goa oni tidak boleh dimasuki pengunjung karena tekstur yang rapuh sehingga mudah runtuh.

Bukit Jaddih juga memiliki berbagai fasilitas, seperti kamar mandi umum dan warung makan. Warung-warung ini dibuka oleh masyarakat sekitar.

Sementara itu, di Yogyakarta terdapat tebing bernama Breksi. Tebing ini merupakan salah satu Geoheritage Yogyakarta karena ditemukan batuan tufaan langka.

Tebing Breksi memiliki tinggi 30 m. Tebing ini juga dihiasi dengan berbagai relief patung pewayangan. Relief ini seperti Arjuna membunuh Buto Cakil, naga dengan mahkota, serta patung Semar.

Tebing ini merupakan bekas kawasan pertambangan batu alam. Tebing Breksi didominasi warna putih karena berasal dari batuan Gamping.

Tebing Breksi memiliki beberapa area pembagian seperti amphitheater atau Tlatar Seneng. Area ini digunakan sebagai tempat hiburan. Sudah berbagai konser diadakan di tempat ini seperti Festival Seni Campursari, hadroh, perkusi, dan tari.

Para pengunjung sering mengunjungi tempat ini pada waktu matahari terbit dan matahari terbenam. Sebab, matahari dapat terlihat di tebing ini khususnya di atas tebing melalui tangga timur.

Pada Tebing Breksi juga dapat melakukan olahraga panjat tebing. Selain itu, tempat ini biasa digunakan sebagai latar tempat bagi foto prewedding.

Fasilitas destinasi wisata Tebing Breksi ini cukup lengkap seperti warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar, kamar mandi, serta musala. Lokasi destinasi wisata tebing kapur ini berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak 15 km dari pusat Kota Yogyakarta.

JACINDA NUURUN ADDUNYAA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.