• November 27, 2022

Kelebihan Atap Sandar Untuk Dipasang Pada Rumah Minimalis

Atap sandar memberikan bentuk segitiga yang tidak lazim. Desain seperti ini kerap dipakai untuk rumah minimalis yang kental dengan elemen geometris seperti kubus, persegi panjang dan segitiga. Bentuk atap dengan kemiringan ini dianggap tidak optimal mengaliri air hujan. Tapi dengan pengetahuan konstruksi bangunan dan material yang tepat, atap unik ini bisa dipakai untuk rumah Anda.

Manfaat memakai Atap Sandar Untuk Rumah Modern Anda

Kemajuan teknologi arsitektur memungkinkan desain inovatif untuk menyesuaikan keterbatasan lahan, iklim dan berbagai kendala lainnya. Berikut adalah beberapa kegunaan dari membuat desain rumah yang akan Anda bangun dengan bentuk atap sandar.

1.Solusi Bentangan yang Jauh

Atap jenis ini memiliki sebidang atap miring yang menempel pada tembok bangunan rumah. Jadi, seringkali bentuk atap seperti ini disebut atap tempel. Hal ini sangat bermanfaat ketika perbandingan tinggi dan luas mempunyai bentangan yang jauh.

Dengan demikian, membuat atap yang menyandar dengan bangunan adalah pilihan yang masuk akal. Anda dapat memiliki atap lengkung yang estetik sekaligus mengatasi lebar bangunan yang memiliki jarak tertentu dan perlu disiasati agar bangunan bisa berdiri kokoh.

2.Kamuflase

Rumah minimalis sering memakai garis dan bentuk untuk menyembunyikan bentuk bangunan. Untuk atap dengan bentuk menyadari ini, Anda bisa membuat penampilan seolah-olah bagian depan menyerupai atap datar. Ini adalah gaya konstruksi bangunan yang menjadi ciri khas hunian minimalis yang simple tapi estetik.

3.Mudah diterapkan

Desain atap sandar termasuk sederhana dan mudah untuk dilakukan. Waktu pengerjaan juga bisa lebih cepat. Selain itu, material yang dipakai juga lebih sedikit daripada membuat atap utuh seperti bentuk pada rumah standar. Tentu, Anda perlu desain dan tukang yang lihai untuk menerapkannya.

4. Mempermudah Aliran Air Hujan

Drainase menjadi fokus utama dalam membangun atap rumah. Kalau kemiringan atap menjadi kekhawatiran Anda, tentu saja perlu diperhatikan kalau bentuk menyadari ini justru memudahkan aliran air hujan untuk jatuh dengan tepat dan tidak membuat atau atau dinding jadi bocor.Bentuk miring satu sisi ke bawah akan mempermudah aliran air hujan.

Yang menjadi tantangan adalah bila memilih sandaran dengan kemiringan ke atas pada kedua ujung bangunan. Air menggenang pada bagian tengah atap. Tentu ada cara menyiasati hal ini dengan membuat talang air yang tersembunyi di belakangnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kekokohan bangunan tergantung karena desainnya yang tidak biasa.

5. Pas Untuk Skylight

Atap sandar cocok dengan penerapan skylight pada atap. Anda memilih kemiringan tertentu dengan memanfaatkan lebar bangunan sehingga terlihat lega di dalam rumah dan estetik di luar. Kalau Anda pemertimbangkan untuk menerapkan skylight pada rumah, pertimbangkan pula desain atap sandar untuk mengakomodirnya.

6. Idea Untuk Rumah Minimalis

Desain atap tempel sayangnya tidak pas untuk semua tipe hunian. Rumah minimalis dengan bentuk mungil dan fasad sederhana paling pas untuk menerapkan atap bentuk ini. Rumah mewah yang menerapkan desain elegan tidak akan ideal memakainya. Atap seperti ini akan lebih cocok bila Anda membuat rumah dengan tingkat sehingga ada lebih tinggi sandaran untuk menempel.

7. Tampilan Atraktif

Keunggulan lain dari atas menyandar adalah bentuknya yang estetik. Tentu rumah Anda akan menonjol daripada rumah lain yang cenderung seragam. Tentu desainnya perlu dibangun dengan ketelitian. Dengan bantuan profesional, Anda bisa memperoleh tampilan rumah yang menarik.

Ada banyak manfaat memakai atap sandar pada rumah. Anda dapat mencarikan solusi untuk rumah dengan luas yang menantang. Terapkan jenis atap ini setelah berkonsultasi dengan kontraktor dan arsitek agar bisa diterapkan secara optimal. Pastikan juga Anda memakai material berkualitas seperti semen SCG pada situs resmi di https://scgcbm.id/ untuk mendapatkan atap kuat dan tidak mudah bocor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *