• July 21, 2024

Mengenal Lebih Dekat dengan Penyakit Asam Urat dan Penyebabnya

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Umumnya Penyakit ini akan menyerang bagian jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan persendian. Untuk gejalanya sendiri asam urat ini meliputi nyeri yang tidak tertahankan, terasa panas di area persendian dan pembengkakan. Sedangkan orang yang lebih rentan terkena penyakit ini yaitu seorang pria berusia diatas 30 tahun. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan juga seorang wanita bisa terkena penyakit tersebut. Oleh karena itu untuk mencegah agar asam urat tidak terjadi pada Anda perlu mengetahui penyebabnya. Lantas apa saja penyebab terjadinya penyakit asam urat itu?.

Apa Saja Penyebab Penyakit Asam Urat Itu?

Asam urat merupakan jenis penyakit yang bisa terjadi dikarenakan banyak faktor. Diketahui salah satu faktornya yaitu dikarenakan keturunan yakin ada keluarga yang sebelumnya pernah terkena penyakit ini. Namun bukan hanya itu saja masih banyak lagi faktor penyebabnya seperti berikut ini.

  • Pernah mengalami cedera atau pembedahan.
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi misalnya daging merah, jeroan hewan dan berbagai jenis hidangan laut.
  • Kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan tinggi gula.
  • Mempunyai permasalahan kesehatan lainnya seperti diabetes, leukemia, anemia dan penyakit ginjal.

Mengenal Lebih Dekat dengan Komplikasi Penyakit Asam Urat

Walaupun asam urat bukan termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya namun jika tidak segera diobati bisa mengakibatkan komplikasi lebih serius. Adapun beberapa komplikasi yang bisa terjadi karena asam urat seperti berikut ini.

  • Timbulnya Trofi

Penyakit asam urat yang tidak segera diobati juga bisa menyebabkan munculnya trofi pada tubuh manusia seperti tangan, pergelangan kaki dan telinga. Selain itu trofi ini juga bisa  berkembang di area persendian dan tulang rawan. Trofi sendiri merupakan kumpulan kristal urat yang terbentuk dikarenakan penumpukan asam urat. Untuk teksturnya sendiri kristal itu  keras. Meskipun kristal ini tidak menyakitkan namun jika dibiarkan dapat merusak persendian.

  • Dapat Merusak Persendian

Komplikasi berikutnya dari penyakit asam urat yang tidak diobati dan dibiarkan secara terus-menerus yaitu dapat merusak persendian. Bukan hanya itu saja namun asam urat ini juga dapat menyebabkan sendi menjadi bengkak dan peradangan kronis. Tentunya kedua permasalahan itu nantinya dapat membuat kerusakan yang serius di persendian. 

  • Menimbulkan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal termasuk ke dalam komplikasi  berbahaya yang  disebabkan karena penyakit asam urat. Penyebab mengapa penyakit ini bisa menimbulkan batu ginjal dikarenakan kristal asam urat akan berkumpul di saluran kemih. Dengan begitu lama-kelamaan akan membentuk batu ginjal yang membahayakan untuk kesehatan tubuh manusia. 

Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Asam Urat

Untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat itu bisa dilakukan dengan cara mengubah gaya hidup sehari-hari. Adapun beberapa gaya hidup yang perlu diubah agar terhindar dari penyakit asam urat seperti berikut ini.

  • Lakukan kegiatan olahraga secara teratur untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Hindarilah penggunaan obat-obatan tertentu seperti imunosupresan dan diuretik.
  • Membatasi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti daging merah, alkohol dan hidangan laut.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan zat antioksidan.
  • Konsumsi air putih dalam jumlah banyak minimal 8 gelas sehari.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa penyebab terjadinya penyakit asam urat yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Dikarenakan  asam urat itu bisa menimbulkan komplikasi yang cukup serius maka disarankan untuk memiliki asuransi penyakit kritis Prudential yang memberikan proteksi yang menyeluruh untuk Anda dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *