• May 16, 2022

Mengenal Ranch Marketdi Indonesia

Ranch Market adalah sebuah nama usaha ritel untuk supermarket dari Perusahaan PT. Supra Boga Lestari Tbk.  Ranch Market didirikan pada tahun 1998 dan merupakan perusahaan waralaba, dari Ranch Market USA. Perusahaan menyesuaikan konsep supermarket Ranch Market agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan kelas atas dan menengah atas di Indonesia. Sehingga Ranch Market yang dibuka setelahnya adalah sudah dengan konsep yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Selanjutnya pada tahun 2007 perusahaan mengembangkan konsep supermarket baru yang ditujukan untuk pasar pelanggan kelas menengah dan kelas menengah ke atas dengan menambah brand baru, yaitu “Farmers Market”. Supermarket Farmers Market memiliki area yang lebih luas dan produk-produk lokal yang lebih bervariasi.

Perusahaan melakukan perjanjian pemutusan lisensi (termination agreement) dengan Ranch Market USA pada tahun 2010. Setelah itu, perusahaan melakukan perjanjian untuk memperoleh ijin penggunaan brand Ranch Market di Indonesia dan terpisah dengan Ranch Market USA. Hingga awal tahun 2020, perusahaan telah mengoperasikan 48 toko yang terdiri dari 16 Ranch Market, 29 Farmers Market, 1 The Gourmet byk Ranch Market dan 2 Day2Day oleh Farmers Market yang berlokasi di beberapa kota di Jakarta, Jabodetabek, Surabaya, Malang, Balikpapan, Samarinda, Pekanbaru, Ambon, Dumai dan Palembang.

Pada tahun 2021, PT Supra Boga Lestari mengumumkan perubahan pengendali saham Ranch Market pernah 1 Oktober 2021. PT Global Digital Niaga (GDN) yang merupakan induk usaha Blibli resmi menyelesaikan pengambil alihan 51% saham Ranch atau sekitar 797,8 juta lembar saham. Akuisisi saham Ranch Market tersebut dilakukan Blibli dengan mengambil porsi kepemilikan dari tujuh pemegang saham sekaligus.

PT Supra Boga Lestari menaungi beberapa supermarket premium. Untuk menjawab tantangan tahun pandemi sejak Maret 2020, perseroan meluncurkan aplikasi belanja online, Get My Store yang merupakan rebranding dari aplikasi sebelumnya, KeSupermarket. Com.

Selain itu, Ranch juga menawarkan layanan belanja melalui Whatsapp dan layanan antar ke rumah. Sehingga hal ini sangat mempermudah pelanggan untuk berbelanja di masa pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.