• November 27, 2022

Pelajar Indonesia Raih 5 Medali di Ajang Olimpiade Fisika Internasional

Lima pelajar Indonesia meraih medali di ajang Olimpiade Fisika Internasional atau IPhO 2021 yang digelar di Vilnius, Lithuania pada 17-25 Juli 2021 secara daring.

Mereka adalah peraih perak Joseph Oliver (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), Mario Alvaro (SMAK Penabur Gading Serpong), dan Edward Humianto (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta), serta peraih perunggu Dean Hartono (SMAK Penabur Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten) dan M. Anin Nabail Azhiim (MAN 2 Kota Malang, Jawa Timur).

Kompetisi internasional itu diikuti oleh sebanyak 386 siswa dari 80 negara di dunia. Dalam laman resmi IPhO 2021, Joseph berhasil meraih total nilai 25,5; Mario 24,55; dan Edward 24,5. Sedangkan Dean dan Anin masing-masing memiliki nilai 21,05 dan 20,4.

Dalam gelaran tersebut, peserta diminta menyelesaikan tugas fisika selama dua hari. Hadir pertama dilakukan pada Senin, 19 Juli dengan tugas fisika eksperimen, dan hari kedua, Rabu, 21 Juli tugas Fisika Teori. Tes tersebut masing-masing berlangsung selama 5 jam dan diselenggarakan di SMAK BPK Penabur Bintaro Jaya.

Sisanya peserta akan diajak tur virtual ke Lithuania, mulai dari menyaksikan tarian daerah setempat, lokakarya, dan pemutaran film berbahasa Lithuania. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan menghadiri kuliah dengan pembicara Pemenang Novel yang merupakan ilmuwan Vilnius University, Swiss, Didier Queloz.

Informasi raihan pelajar itu juga diunggah melalui media sosial sekolahnya masing-masing. “Selamat, dua orang siswa terbaik SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, kembali mengharumkan nama Indonesia pada ajang IPhO 2021, Vilnius, Lithuania, Edward dan Joseph berhasil meraih perak,” cuit akun Instagram @smak1penabur, Sabtu, 24 Juli 2021.

Sementara SMAK Penabur Bintaro Jaya mencuit: “Tim Indonesia kembali meraih prestasi di ajang IPhO 2021. Salah satunya adalah alumni SMAK Penabur Bintaro Jaya.”

CATATAN:Artikel ini telah diubah pada Selasa malam, 27 Juli 2021, Pukul 22.00 WIB, untuk mengoreksi keterangan asal sekolah satu siswa. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *