• May 16, 2022

Penyebab Ketiak Berwarna Gelap dan Cara Mengatasinya

Ketiak merupakan salah satu area yang sering mengalami hiperpigmentasi, yakni ketika melanin berlebihan dan menyebabkan munculnya bintik hitam atau warga gelap di kulit. Warna gelap pada area ketiak sulit dihilangkan karena kulitnya sensitif. Selain itu, kebanyakan orang memfokuskan perawatan kulit mereka dari leher ke atas, dan mengabaikan area lain termasuk ketiak.

Alicia Zalka, dokter kulit bersertifikat di Amerika Serikat, mengatakan area ketiak gelap disebabkan hiperpigmentasi aksila. Ini bisa disebabkan iritasi atau trauma pada kulit, atau menandakan kondisi medis lain.

“Gesekan berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan, pada akhirnya menghasilkan pigmentasi,” kata Zalka, yang dilansir dari Real Simpe. “Respons kulit terhadap gesekan gesekan ini menjadi keras, dan respons ini membuat warna kulit lebih gelap.”

Iritasi juga bisa disebabkan oleh formula perawatan kulit. “Kulit ketiak sangat halus, dan paparan berulang terhadap produk pengering atau bahan kimia yang mengiritasi dapat menyebabkan pigmentasi kulit,” katanya. Penyebab lain dari ketiak gelap bisa termasuk pori-pori tersumbat, luka bakar akibat pisau cukur, penumpukan produk, atau perubahan hormonal.

Kasus hiperpigmentasi yang lebih parah di daerah ini dikaitkan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), acanthosis nigricans (suatu kondisi yang menyebabkan perubahan warna pada lipatan tubuh), dan kondisi peradangan seperti eksim, kata DiAnne Davis, seorang dermatology bersertifikat.

Untuk mengatasinya, Davis mengatakan menyarankan menggunakan scrub pengelupasan kulit yang lembut dengan bahan-bahan tertentu, seperti mentimun atau lidah buaya yang melembabkan kulit dan meredakan peradangan.

Pengelupasan membantu menghindari penumpukan produk kulit ketiak sehari-hari seperti deodoran yang terkadang dapat meninggalkan residu lilin.

Saat melakukan eksfoliasi dengan scrub, pembersih, atau masker, jangan menggosok terlalu keras atau berlebihan karena dapat memperburuk pigmentasi. Juga, cari bahan-bahan seperti asam azelaic, hydroquinone, asam kojic, tretinoin, asam salisilat, dan asam traneksamat dalam eksfoliator untuk membantu meringankan kulit gelap.

Selain pengelupasan, beberapa produk juga dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi, dari minyak hingga lotion dan serum.

Saat mencukur bulu ketiak, selalu gunakan pelumas seperti gel cukur untuk menjaga area tersebut tetap halus, lembap, dan mengurangi kemungkinan iritasi.

Selain itu, memperhatikan jenis deodoran yang digunakan adalah kuncinya. “Terkadang ada beberapa deodoran dan antiperspiran yang memiliki bahan aktif yang dapat menyumbat saluran keringat atau mengiritasi kulit ketiak, jadi harus berhati-hati untuk menghindari produk jenis ini,” kata Davis. Hindari juga deodoran dengan soda dan antiperspiran dengan aluminium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.