• May 16, 2022

Terkini Bisnis: Dana Perlinsos Ditambah Rp 33,9 T, Hotel Hanya Terisi 10 Persen

Berita terkini ekonomi dan bisnis sejak pagi hingga Selasa malam ini, 20 Juli 2021 dimulai dari Kementerian Keuangan tambah dana perlindungan sosial 2021 Rp 33 triliun dan Microsoft berencana berinvestasi di Indonesia.

Selain itu kabar soal Erick Thohir menunjuk Kepala Staf TNI AU menjadi komisaris utama PT Dirgantara Indonesia dan okupansi hotel di Jakarta selama PPKM darurat hanya 10 persen. Berikut empat berita terkini yang menarik minat pembaca pada hari ini:

1. PPKM Darurat, Kemenkeu Tambah Dana Perlindungan Sosial 2021 Rp 33,98 T

Kementerian Keuangan atau Kemenkeu menambah anggaran perlindungan sosial dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 sebesar Rp33,98 triliun, dari Rp153,86 triliun menjadi Rp187,84 triliun.

“Perpanjangan dan perluasan yang diberikan akan terus membantu masyarakat agar mampu bertahan di situasi saat ini,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin 19 Juli 2021.

Peningkatan tersebut disebabkan karena adanya beberapa perpanjangan dan perluasan program perlindungan sosial dalam merespons Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlaku sejak 3 Juli 2021.

123 Selanjutnya

2. Pergi ke AS Saat PPKM Darurat, Bahlil: Jokowi Ingin Microsoft Masuk ke RI

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menanggapi kritik yang diarahkan ke dirinya karena tetap melakukan kunjungan ke luar negeri selama PPKM Darurat. Ia menyatakan kunjungannya ke Amerika Serikat untuk melakukan lobi dengan Microsoft membahas perkembangan rencana investasi membangun pusat data di Indonesia.

Sebelumnya, kata Bahlil, Microsoft telah berkomitmen untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Microsoft saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta tahun lalu.

“Kami menjalankan apa yang menjadi hasil pertemuan Bapak Jokowi dengan Microsoft. Presiden Jokowi menginginkan Microsoft masuk ke Indonesia,” kata Bahlil dalam keterangan resmi, Senin, 19 Juli 2021.

3. Erick Thohir Tunjuk KSAU Jadi Komisaris Utama PT Dirgantara Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Komisaris Utama PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan Marsekal Muda TNI (Purn.) Bonar Halomoan Hutagaol sebagai Wakil Komisaris Utama.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-242/MBU/07/2021 tentang Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Dirgantara Indonesia.

Sebelumnya 123 Selanjutnya

Salinan surat keputusan tersebut telah diserahkan dalam RUPS PT DI yang digelar daring. RUPS tersebut dipimpin oleh Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, serta jajaran direksi dan dewan komisaris PT DI.

4. Dua Pekan PPKM Darurat, PHRI: Tingkat Hunian Kamar Hotel Hanya 10 Persen

Tingkat hunian (okupansi) kamar hotel turun hingga 10 persen selama dua pekan penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta mencatat penurunan okupansi ini signifikan terjadi di hotel kecil.

“Penurunannya jauh dari 25-40 persen, sekarang tinggal 10 persen okupansi terutama di hotel-hotel non-bintang dan hotel-hotel kecil,” kata Ketua PHRI Jakarta, Sutrisno Iwantono di Jakarta, Selasa 20 Juli 2021.

Hotel yang masih bertahan di angka tinggi karena karena ikut program penginapan untuk tenaga kesehatan dan ikut program isoman bagi orang tanpa gejala (OTG). “Mereka mungkin tetap mendapatkan tamu, tetapi sebagian besar hotel di Jakarta tidak ikut program itu,” ujar Sutrisno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.